Komunikasi Bisnis

Memahami Komunikasi Bisnis

  1. Pengertian

Menurut Himstreet & Baty dalam Business Comunications : Principles and Methods, komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antarindividu melalui suatu system yang biasa (lazim), baik dengan symbol- symbol, sinyal – sinyal, maupun perilaku atau tindakan, dalam dunia praktis komunikasi ada 3, yaitu;

  • Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup komunikasi verbal & non Verbal.
  • Komunikasi antarpribadi adalah bentuk komunikasi yang dilakukan dua orang atau lebih dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami kedua belah pihak.
  • Komunikasi Lintas Budaya adalah komunikasi yang dilakukan dua orang atau lebih, yang masing- masing memiliki budaya yang berbeda.
  1. Bentuk Dasar Komunikasi

Bentuk dasar komunikasi ada 2, yaitu Komunikasi Verbal & komunikasi Non Verbal

Komunikasi Verbal merupakan salah satu bentuk komunikasi yang lazim digunakan dalam dunia bisnis untuk menyampaikan pesan- pesan bisnis kepada pihak lain baik secara tertulis maupun lisan. Contoh : Membuat & mengirim surat penawaran.

Aneka Bentuk Komunikasi verbal dalam bisnis

Menulis   9 %                                                           Membaca  16%

Berbicara 30%                                                         Mendengar 45%

Komunikasi Non Verbal

Komunikasi yang mendasar  dalam komunikasi bisnis, komunikasi verbal memiliki sifat yang kurang terstruktur  sehingga sulit untuk dipelajari. Macam- macam bentuk komunikasi verbal : Bahasa isyarat, ekspresi wajah, sandi, symbol- symbol, pakain seragam, warna, intonasi suara. Komunikasi verbal penting artinya terutama dalam menyampaikan perasaan dan emosi, mendeteksi kecurangan atau kejujuran, serta sifatnya yang efisien. Dengan memperhatikan isyarat nonverbal, seseorang dapat mendeteksi kecurangan atau menegaskan kejujuran sipengirim.

Tujuan Komunikasi Nonverbal, menurut Thil & Bovee dalam Excelence in Business Comunications:

  • Memberikan Informasi.
  • Mengatur alur suatu percakapan.
  • Mengekspresikan emosi.
  • Memberi sifat, melengkapi, menentang / mengambarkan pesan- pesan verbal.
  • Mengendalikan atau mempengaruhin orang lain.
  • Mempermudah tugas- tugas khusus.

Proses Komunikasi

Menurut Bove dan thil dalam buku Business Comunication today 6E, proses komunikasi dapat digambarkan sebagai berikut :

Tahap 1 : Pengirim Mempunyai gagasan,

Tahap 2 : Pengirim mengubah ide menjadi pesan

Tahap 3: Pengirim mengirim pesan

Tahap 4 : Penerima menerima pesan

Tahap 5 : Penerima menafsirkan pesan

Tahap 6 : Penerima mengirim ide pesan

Kesalahpahaman dalam komunikasi:  Masalah dalam mengembangkan pesan, Masalah dalam menyampaikan pesan, Masalah dalam menerima pesan, Masalah dalam menafsirkan pesan.( perbedaan penafsiran kata, perbedaan reaksi emosional). Cara memperbaiki komunikasi : Membuat suatu pesan secara berhati- hati, minimalkan gangguan dalam proses komunikasi, Mempermudah upaya umpan balik antara pengirim dan penerima pesan.

Sumber: Komunikasi Bisnis, Djoko Purwanto, MBA, Erlangga

About these ads

About lanamichi

just wanted to share experiences, stories and add to friends
This entry was posted in komunikasi bisnis. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s